Minggu, 16 April 2017

ETIKA MENGHUBUNGI PELANGGAN


Langkah-langkah dan teknik menelepon  pelangan
1.      Siapkan nomor telepon yang akan dihubungi
2.      Tekan nomor telepon yang dituju dan bila sudah tersambung dan pihak yang dituju sudah menggangkat, ucapkanlah  selamat pagi/siang sore.  Sebelum mengutarakan maksud dan tujuan pastikan bahwa nomor yang dituju benar.
3.      Sebutkan identitas diri anda dengan jelas lalu kemukakan keinginan anda untuk berbicara dengan orang yang dituju.
4.      Berikanlah selalu kesan ramah dan Tanyakan identitas pelangan, baik pencocokan no telfon rumah, alamat dan pengunaan paket produk yang di gunakan.
5.      Gunakan “Smiling Voice” dan “Pitch Control” selama pembicaraan berlangsung.
6.      Simak baik-baik pesan dan kalimat penelepon. Apabila anda tidak mengerti, tidak ada salahnya anda mengulangi pertanyaan.
7.      Akhiri pembicaraan dengan menanyakan bantuan dan terima kasih dansebutkan nama pelanggan.

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan pada saat komunikasi menggunakan  telepon
1.      Suara terlalu keras.
2.      Bicara ditelepon sambil makan atau berdecak.
3.      Berbicara dengan orang lain selagi berbicara ditelepon.
4.      Berbicara dengan nada kasar atau membentak.
5.      Berbicara dengan nada memerintah.
6.      Membirkan penelepon menunggu terlalu lama tanpa penjelasan.
Nada dan intonasi terkesan malas atau tak ramah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indihome Newsletter No.2/2016

Talk Fusion Video Newsletter: Indihome Newsletter No.2/2016 : Talk Fusion Video Newsletter: Indihome Newsletter No.2/2016