Sabtu, 16 Februari 2013

JURNALISTIK ( Berdiri, berlari,mengejar informasi )

jurnalistik merupakan suatu aktifitas dalam menghasilkan berita maupun opini mulai dari perencanaan,peliputan dan penulisan hasil nya di siarkan kepublik atau khalayak pembaca melalui media atau pers dengan kata lain jurnalistik merupakan proses aktif untuk melahirkan berita.

fungsi pers dalam jurnalistik :
  1. menyiarkan informasi
    hal ini merupakan fungsi yang pertama dan utama kerena khalayak pembaca memerlukan informasi mengenai berbagai hal di bumi ini.
  2.  mendidik ( to edukate )
    artinya sebagai sarana untuk pendidikan massa ( mass education ) apa pun isi dari media atau hal yang di muat dalam media mengandung unsur pengetahuan khalayak pemebicara pengetahuan nya .
  3. menghibur ( to entertaint) khalayak pembaca selain membutuhkan informasi juga membutuhkan hiburan ini juga menyangkut insani.
  4.  mempengaruhi control sosial


    tidak dapat dipunkiri dalam kehidupan ini ada kejanggalan-kejanggalan baik langsung atau tidak langsung , berdampak pada kehidupan sosial pada fungsi ini media di ungkapkan menjadi kontrol sosial yang karena isi dari media sendiri bersifat mempengaruhi.



    sifat berita

      • mengarahkan (directive )
        karena suatu berita ini dapat mempengaruhi khalayak,baik disengaja maupun tidak disengaja . maka suatu berita itu sifatnya mengarahkan.
      •    membangkitkan perasaan ( effective )
        melalui berita ini dapat membangkitkan perasaan publik
      • memberikan informasi ( informative )
        berita ini harus memberi informasi tenetang keadaan yang terjadi sehingga memberi gambaran jelas dan pengetahuan public.

          }Tekhnik Wawancara

           @ Menguasai permasalahan

        Ini penting untuk menghindari Miss Understanding antara pewawancara dan yang diwawancarai.

            1. Ajukan pertanyaan yang lebih spesifik


           2. Pertanyaan yang lebih spesifik akan lenbih membantu dan mempermudah dalam mengarahkan topic pembicaraan


           3. Jangan menggurui


           4. Karena wawancara bukan proses tanya jawab, tetapi aktifitas membangun ingatan terhadap peristiwa yang baru terjadi atau telah lampau.
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indihome Newsletter No.2/2016

Talk Fusion Video Newsletter: Indihome Newsletter No.2/2016 : Talk Fusion Video Newsletter: Indihome Newsletter No.2/2016