Beberapa trik dan cara agar anda dapat mengenal dan
mengatasi beberapa karakter pelanggan, ada beberapa langkah-langkah yang
terbaik yang harus anda lakukan yaitu antara lain :
1. Pelanggan yang pendiam
Pelanggan yang diam dan cenderung pemalu akan merasa
tenteram jika dihadapi dengan ramah tamah dan penuh perhatian. Jika pelanggan
seolah-olah sedang memikirkan sesuatu, sebaiknya anda jangan mengajak berbicara
tetapi cukup melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang dapat menarik perhatian
pada produk yang ditawarkan.
2. Pelanggan yang tidak sabar
Mengenali pelanggan yang tidak sabar melalui
sikapnya, lalu meminta maaf kepadanya atas tertunda-nya pelayanan. Mengatakan
kepadanya bahwa dia akan dibantu semaksimal mungkin dan sesegera mungkinMengucapkan
terima kasih bahwa pelanggan tersebut masih bersedia menunggu. Mengucapkan
terima kasih sekali lagi kepada pelanggan tersebut dan meminta maaf sekali lagi
atas ketidaknyaman dalam pelayanan.
3. Pelanggan yang banyak bicara
Bila pelanggan masih terus berbicara anda
mengalihkan perhatiannya pada hal-hal yang ditawarkan dengan penjelasan yang
cukup. Menawarkan bantuan dan memuji kehebatan nya berbicara. Bila perlu
bergabung dalam pembicaraan tersebut sambil sekali-sekali memberikan pujian. Bila
beberapa pujian tampaknya berhasil, anda menawarkan produk yang ditawarkan.
4. Pelanggan yang senang berdebat
Tidak menunjukkan reaksi apabila pelanggan tersebut
berada pada pihak yang salah, sebab jika kita menunjukkan reaksi, akan timbul
diskusi yang berkepanjangan. Bersikap tenang tidak gugup, dan tidak terpancing
untuk marah. Mengemukakan argumen yang masuk akal, agar pelanggan menghargai
anda, apabila pelanggan sudah tenang, anda mulai memberikan pelayanan. Apabila
anda dapat menguasai keadaan, pelanggan akan lebih lunak.
5. Pelanggan yang memiliki banyak permintaan
Mendengarkan permintaannya, jika memungkinkan
membuat ringkasan atas permintaan tersebut. Permintaan tersebut bisa dipenuhi
bisa tidak, tergantung kebijaksanaan anda atau perusahaan.Meminta maaf dan
menyarankan alternatif lain jika pelanggan merasa tidak puas atas pelayanan
yang diberikan. Sesegera memberitahu atasan sambil menyebutkan permintaan
pelanggan jika anda tidak mampu melayani pelanggan tersebut. Tersenyum setiap
saat meskipun merasa jengkel dengan “slime in voice”
Apapun karakter pelanggan, anda harus tampil tersenyum dan mampu menghadapinya.
Pelanggan adalah sumber kehidupan bisnis dan keuntungan anda. Kehilangan satu
pelanggan berarti kehilangan uang anda dan hal ini juga mempengaruhi dapat
mempengaruhi upaya anda dalam membangun citra positif perusahaan di mata
pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar